Sunday 19 May 2013

Angka Kematian Kanker Kulit Pada Pria Meningkat




Data yang dimiliki Cancer Research dari Inggris menunjukkan peningkatan tajam dalam kematian akibat dari melanoma atau kanker kulit yang mematikn. Peningkatan terlihat secara signifikan terutama pada pria lanjut usia.
Pada akhir 1970-an kurang dari 400 (1.5 per 100.000) orang meninggal dari melanoma tetapi angka yang sekarang meningkat menjadi lebih dari 1.100 (3,1 per 100.000). Walau dalam praktiknya lebih banyak wanita yang terdiagnosis, angka kematian justru lebih banyak dari kaum pria.
READ MORE

Pada pria berusia lebih dari 65 kematian telah meningkat dari 4,5 per 100.000 menjadi 15,2 per 100.000 selama 30 tahun terakhir. Meninjau dari aspek kultur dan kebiasaan, Caroline Cerny dari Cancer Research UK, menyampaikan, “Pria perlu banyak belajar lagi untuk merawat kulit mereka.”
   Indikasi jenis penampakan melanoma
Angka-angka dari data tersebut menunjukkan pria baik sedikit yang menyadari gejala kanker kulit atau mengabaikannya dan bahkan menunda ketika mendapati keluhan yang tampak sepele. Padahal untuk kasus kanker, pendeteksian lebih dini merupakan kunci dari proses penyembuhan selanjutnya. Dibandingkan dengan wanita yang lebih peduli kepada kesehatan kulit dalam rutinitas sehari-hari, seperti menggunakan tabir surya, pakaian yang menghindari paparan sinar matahari langsung, ataupun keinginan pergi ke dokter ketika timbul kekhawatiran kecil yang nampak mengganggu di kulit mereka. Para pria di seluruh dunia pun pada umumnya terlampau acuh pada kondisi kesehatan, terutama lagi kulit.
Dikhawatirkan, perubahan iklim yang ekstrim dan suhu bumi yang kian meningkat juga mempunyai andil dalam hubungan peningkatan angka kematian kanker kulit ini

No comments:

Post a Comment